Tungku Pabrik Besi di Driyorejo Gresik Meledak, Ini Penyebabnya

GresikSatu | Sebuah ledakan terjadi di PT Raksa Jaya Perkasa, Jalan Raya Desa Krikilan, Kecamatan Driyorejo, Gresik. Ledakan pabrik besi itu, akibat penguapan cairan sisa hasil produksi, dalam tungku pembuangan sisa cairan. 

Informasi yang dihimpun, ledakan itu terjadi sekitar pukul 11.00 WIB, Rabu (8/3/2023). Ledakan pabrik yang disertai kepulan asap hitam pekat muncul dari dalam Perusahaan tersebut. 

Kapolsek Driyorejo AKP Herry Moriyanto Tampake mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam insiden ledakan pabrik ini. Ledakan pabrik besi tersebut terjadi pada saat karyawan membuang sisa cairan hasil Produksi dari Laedel (Bak penampungan sisa hasil produksi) berupa cairan besi yang menimbulkan kepulan asap dan bunyi ledakan.

Baca juga:  Pabrik Pengelolaan Minyak di Driyorejo Gresik Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta

“Ledakan yang terjadi mengakibatkan tiga atap gudang yang berada disebelah timur, yang berdekatan dengan tungku penampungan terlempar, dan berasap,” ungkapnya. 

Dalam insiden ini, lanjut dia tidak korban jiwa hanya kerugian material akibat atap gudang yang rusak. Estimasi kerugian Rp 500 ribu.

Pihaknya mencatat, ledakan tersebut akibat tungku tempat cairan besi yang sisa cairan akan dibuang ke penampungan menimbulkan kepulan asap terkena terkena air yang ada di dalam tungku pembuangan sisa.

“Aktifitas karyawan PT Raksa Jaya Perkasa juga berjalan seperti biasa,” ujarnya. (faiz/aam)

spot_img

Advertisement