13 Khasiat Daun Pepaya dan Efek Sampingnya

Selain mengatasi dan mencegah sembelit, daun pepaya juga bermanfaat sebagai obat alami perut kembung berkat kandungan enzim papain di dalamnya.

Mengatasi Sakit Tenggorokan

Manfaat daun pepaya yang pertama adalah bisa mengatasi sakit tenggorokan. Manfaat ini dapat diperoleh dari kandungan enzim papain di dalamnya.

Pasalnya, enzim ini juga dapat bekerja layaknya obat pelega tenggorokan, sehingga bisa membantu meredakan rasa sakit pada tenggorokan dan mengatasi penumpukan lendir atau dahak.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan nutrisi yang melimpah dalam daun pepaya membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, dan kalsium dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan penyakit.

Baca juga:  Jalin Kerja Sama dengan Dua Kampus, Pemkab Gresik Serius Penuhi Kebutuhan Dokter Spesialis di Bawean

Menjaga Kesehatan Rambut

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, daun pepaya juga memiliki manfaat bagi kesehatan rambut. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya diyakini dapat mempercepat pertumbuhan rambut.

Selain itu, daun pepaya juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah rambut berketombe. Manfaat ini bisa didapatkan berkat kandungan di dalam daun pepaya yang bersifat antijamur.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menggunakan daun pepaya sebagai masker rambut.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa konsumsi daun pepaya secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Reporter:
Hilda Azhura
Editor:
Ashadi Ihsan
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler