Asik! Santri dan Pelajar Bawean Dapat Subsidi Tiket Kapal dari Pemkab Gresik

GresikSatu | Pemkab Gresik melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik, sudah menyiapkan subsidi tarif tiket dua kapal yang melayani rute Bawean – Gresik maupun sebaliknya.

Kedua kapal tersebut, yakni tiket kapal cepat Express Bahari, dan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Gili Iyang.

Dishub memberikan subsidi Rp 14 ribu kepada para penumpang kapal tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dishub Gresik Suhartono mengatakan, subsidi tiket sebagai tindaklanjut dari Peraturan Bupati (Perbup) 53/2023.

Pada tahun 2024 ini, ada 24.710 kouta subsidi penumpang kapal Bawean.

“Jumlah kuota subsidi kapal Express Bahari 1.784 penumpang. Ini subsidinya khusus santri dan pelajar. Nominal subsidinya sebesar Rp 70 ribu untuk kelas eksekutif tidak kelas VIP,” ucapnya, Senin (12/2/2024).

“Dengan rincian subsidi itu, Gresik – Bawean 892 penumpang, dan Bawean – Gresik 893 penumpang. Totalnya 1784 penumpang dari pelajar maupun santri,” ujarnya.

Sedangkan kouta untuk KMP Gili Iyang kouta 22.926 penumpang dengan nilai subsidi Rp 14 ribu.

Baca juga:  Gegara Lupa Matikan Obat Nyamuk, Rumah Warga di Menganti Gresik Terbakar

“Untuk Gili Iyang semua masyarakat dilakukan subsidi untuk kelas ekonomi. Tidak berlaku untuk kelas eksekutif,” jelasnya.

Dengan demikian, bagi yang mendapatkan subsidi tiket kapal cepat Express Bahari, tarif tiket dari Rp 200 ribu menjadi Rp 130 ribu. Sedangkan untuk Kapal Gili Iyang dari harga Rp 83 ribu menjadi Rp 69 ribu.

“Untuk Kapal cepat Express Bahari mulai berlaku Bulan Februari ini. Ada pemulangan santri liburan lebaran,” paparnya.

Subsidi ini, lanjut dia, memang terbatas. Untuk itu, bagi pelajar dan santri yang berada di pondok atau lembaga sekolah bisa mengajukan ke Dishub Gresik. Nanti pihaknya yang akan memesankan tiket.

“Musim liburan ini sudah banyak yang mengajukan,” lanjutnya.

Sementara itu, untuk teknis subisidi Kapal Gili Iyang yang berlaku untuk umum. Langsung dipotong saat beli tiket.

“Ada petugas kami yang standby untuk memastikan subsidi tepat sasaran. Dan sudah berlaku sejak bukan januari lalu,” terangnya.

Baca juga:  Imbas KMP Gili Iyang Belum Beroperasi, Sembako di Bawean Gresik Mulai Langkah

Diketahui, layanan jasa transportasi laut ke Pulau Bawean dari Pelabuhan Gresik, bisa melalui kapal cepat Express Bahari milik perusahaan swasta PT Pelayaran  Sakti Inti Makmur dan Kapal Gili Iyang milik BUMN PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Jadwal kapal cepat setiap hari melayani rute Gresik – Bawean  kecuali hari Senin, Rabu, dan Jumat. Rute Bawean – Gresik selain hari Selasa, Kamis, dan Jum’at.

Sedangkan untuk Kapal Gil Iyang, hanya satu minggu sekali melayani rute Bawean – Gresik maupun sebaliknya. Hari Kamis malam dari Bawean, dilanjutkan dari Gresik ke Bawean Jum’at malamnya.

Satu kali Pelayaran Gili Iyang jurusan Gresik ini. Lantaran Kabupaten Gresik belum memiliki pelabuhan spesifikasi penyeberangan. Hanya pelabuhan umum. Sehingga pelabuhan tidak diperuntukkan untuk kapal ferry jenis Roll-on/Roll-off (Roro) KMP Gili Iyang.

Reporter:
Mifathul Faiz
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler