Bawaslu Gresik Temukan Puluhan Ribu Surat Suara Rusak

GresikSatu | Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gresik menemukan puluhan ribu surat suara dalam kondisi rusak atau cacat.

Kerusakan tersebut diketahui saat proses tahapan sortir dan pelipatan surat suara.

Diketahui, ada sebanyak 981 ribu lembar surat suara Pemilu 2024 di Kabupaten Gresik. Angka tersebut berdasarkan jumlah DPT Gresik ditambah dua persen.

Kegiatan sortir dan pelipatan dilakukan di Pergudangan Akses Kebomas, Gresik dengan menerjunkan 200 pekerja selama kurun waktu 10 hari.

Dari hasil pengawasan Bawaslu Gresik, ada 8.239 surat suara DPRD Gresik yang rusak, 30 surat suara DPD, 939 surat suara DPRD Provinsi, dan 854 surat suara DPR RI.

“Total sebanyak 10.062 surat suara yang rusak,” ungkap Koordinator Divisi Sumberdaya Manusia, Organisasi dan Diklat Bawaslu Gresik, Robbah Khunaifih, Senin (15/1/2024).

Baca juga:  Tingkatkan Partisipasi Masyarakat, Bawaslu Gresik Launching Forum Warga Pengawasan Partisipatif

Robbah menjelaskan, dari total 8.239 surat suara yang rusak terdiri dari DPRD Gresik Dapil 1 sebanyak 491, DPRD Gresik Dapil 2 sebanyak 290, DPRD Gresik Dapil 3 sebanyak 1.637, DPRD Gresik Dapil 4 sebanyak 4.182.

Kemudian, DPRD Gresik Dapil 5 sebanyak 158, DPRD Gresik Dapil 6 sebanyak 260, DPRD Gresik Dapil 7 sebanyak 146, DPRD Gresik Dapil 8 sebanyak 195, dan DPRD Gresik Dapil 9 sebanyak 880.

“Mayoritas kerusakan berupa warna pudar, noda, dan kertas suara ada yang gripis-gripis,” tuturnya.

Proses penyortiran dan pelipatan suara di Gresik telah rampung dilaksanakan. Penemuan surat suara yang rusak telah dilaporkan KPU Gresik kepada KPU RI melalui KPU Provinsi.

“Sementara kita pisahkan dulu antara yang rusak dan tidak. Lalu, kita dorong untuk segera mengganti, Hari ini insya Allah sudah diajukan ke Penyedia atau percetakannya, ” terangnya.

Baca juga:  Bawaslu Gresik Temukan Kasus Dugaan Pelanggaran Kampanye di Fasilitas Pemerintah

Bawaslu menghimbau agar surat suara yang rusak segera diganti. Percetakan Macanjaya Klaten sebagai penyedia memastikan bahwa tanggal 20 Januari surat suara pengganti sudah dikirimkan.

“Masih ada waktu 1 bulan, Insya Allah cukup. Kami juga akan mengawasi keseluruhan kebutuhan logistik pemilu 2024 agar berjalan lancar,” jelasnya.

Sementara itu, pemusnahan surat suara yang rusak di Kabupaten Gresik dijadwalkan akan dilaksanakan sebelum pemilu serentak yakni pada H-1.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler