Pemdes Grejeg Bawean Gresik, Sukseskan Pekan Imunisasi Nasional Polio

GresikSatu | Pemerintah Desa (Pemdes) Grejeg, Kecamatan Tambak Pulau Bawean Gresik, turut mensukseskan kegiatan SUB Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio.

Pencanangan SUB PIN ini, dilakukan kemarin pagi, Selasa (16/1/2024). Imunisasi polio ini, dua putaran. Bulan Januari dan bulan Februari.

Di Desa Grejeg sendiri, ada 43 anak mulai usia 0 sampai 7 tahun mengikuti imunisasi, yang diselenggarakan oleh Pemdes di Balai Desa Setempat. 

Kades Grejeg Multazam mengatakan, kegiatan SUB PIN pertama di tahun 2024 ini, merupakan Ikhtiar masyarakat pedesaan untuk kekebalan anak usia 0-7 tahun dan juga tindakan preventif anak-anak tidak tertular penyakit polio

“Alhamdulillah kegiatan berjalan sukses, masyarakat beserta anak di Desa Grejeg tampak antusias,” ucapnya, Rabu (17/1/2024). 

Baca juga:  Dinkes Gresik Siapkan 168 Ribu Vaksin untuk Anak

Dalam kegiatan tersebut, ujar dia, petugas imunisasi dari Puskesmas dan Bidan Desa turut mendampingi dan memberikan dua tetes imunisasi.

Besar harapan, kegiatan ini terus menjadi upaya Pemdes untuk memberikan layanan kesehatan kepada anak-anak di Desa. 

“Kami harap imunisasi ini, bisa bermanfaat bagi anak. Mulai bayi, balita, paud, kelompok bermain TK, SD hingga kelas 2 yang masuk sasaran,”harapnya. 

Untuk itu, pada imunasi selanjutnya pada bulan Februari nanti, pihaknya terus melakukan sosialisasi tentang pentingnya imunisasi Polio kepada anak. 

“Kedepan kami akan berikan hadiah bagi anak yang imunisasinya lengkap,” tuturnya. 

Diketahui muncul kasus polio liar terjadi di Pulau Madura. Polio merupakan penyakit menular lewat mulut.

Baca juga:  Antisipasi Stunting Jadi Program Unggulan Desa Grejeg Gresik

Sehingga komite nasional imunisasi rekomendasi Jawa Tengah dan Jawa Timur sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio dua putaran.

Pada bulan Januari (15-20) merupakan putaran pertama dan putaran kedua Februari (19-24).

Di Kabupaten Gresik, ada sebanyak 167.946 anak menjalani imunisasi polio. Termasuk di Pulau Bawean.

Reporter:
Mifathul Faiz
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler