423 SDN dan SMPN di Gresik Kebagian Seragam Gratis dari Dispendik

GresikSatu | Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Gresik membagikan seragam gratis kepada peserta didik baru jenjang SD dan SMP Negeri se-Kabupaten Gresik. Sebanyak 423 sekolah mendapatkan distribusi seragam sekolah gratis tahun 2023.

Pendistribusian tersebut dilakukan secara bertahap, pada tahap awal distribusi disalurkan kepada tingkat SD Negeri. Selanjutnya akan disalurkan kepada tingkat SMP Negeri.

Distribusi seragam SD dilakukan sejak Jum’at (15/12/2023) hingga kini baru 3 Kecamatan yang mengambil jatah seragam gratis. Yakni di wilayah Kota : Manyar, Gresik, dan Kebomas.

Sekretaris Dispendik Gresik Herawan Eka Kusuma mengatakan program tersebut menyasar ke sekolah SD-SMP negeri di Gresik. Saat ini masih dilakukan distribusi ke 389 SD Negeri, selanjutnya akan disalurkan seragam gratis ke 34 SMP Negeri mulai Rabu (20/12/2023).

Baca juga:  Mulai Awal Juli Layanan KMP Gili Iyang Lintasan Gresik - Bawean - Lamongan Dihentikan Sementara

“Karena penyalurannya per Kecamatan, jadi kita kelompokkan agar lebih mudah. Untuk wilayah Kota sudah tersalurkan, sekarang sedang penyaluran di wilayah utara yakni : Bungah, Panceng, Sidayu dan Dukun. Sementara Bawean mulai kami kirim Jum’at besok,” ungkapnya, Selasa (19/12/2023).

Di Bawean ada sebanyak 40 sekolah SD dan 3 Sekolah SMP yang mendapat bantuan seragam gratis. Pihak Dispendik telah menyiapkan pengiriman paket seragam sehingga mereka tidak perlu datang jauh-jauh ke daratan.

“Kami cek dulu sebelum dikirim, Sabtu sudah di Bawean kemudian Insya Allah Senin sudah didistribusikan oleh Sekolah,” terangnya.

Untuk tingkat SD, total ada sebanyak 9.465 siswa yang mendapatkan bantuan seragam gratis berupa kain putih-merah dan pramuka. Sementara untuk tingkat SMP, total ada sebanyak 7.297 siswa yang mendapatkan bantuan seragam gratis berupa kain putih-biru dan pramuka.

Baca juga:  Tahun Ini, Pemkab Gresik Gelontorkan Ratusan Miliar untuk Dunia Pendidikan Termasuk Pondok Pesantren

“Kalo pengadaan seragam batik dan olahraga, sudah dianggarkan oleh tiap sekolah masing-masing. Memang bentuknya hanya kain potongan, karena pagu anggarannya tidak mencukupi untuk memberikan setelan jadi,” tuturnya.

Perlu diketahui, Pemerintah Kabupaten Gresik menyiapkan anggaran Rp 5 miliar untuk pengadaan seragam gratis siswa SD dan SMP. Penyerahan bantuan seragam sekolah gratis ini bertujuan untuk membantu meringankan beban biaya wali murid di tahun ajaran baru. (ovi/aam)

Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler