Kamis, Februari 2, 2023

Dikunjungi Pelajar, Bu Min Jelaskan Fungsi Pemkab Gresik dan Rumah Vokasi

GresikSatu I Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah menerima kunjungan 34 siswa dari SMK Negeri 1 Cerme berserta kepala sekolah dan beberapa staf guru, Rabu (19/10/2022) dan menjelaskan secara gamblang mengenai tugas dan fungsi masing-masing bagian dalam Pemerintah Kabupaten Gresik.

Wabup juga menjelaskan perihal rumah vokasi yang lekat kaitannya dengan pendidikan sekolah kejuruan. Dijelaskan rumah vokasi di Kabupaten Gresik merupakan satu-satunya di Indonesia. Keberadaannya adalah hasil sinergi antara Pemkab Gresik dengan berbagai asosiasi, diantaranya Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

Lebih lanjut, wabup juga berpesan agar nantinya selepas lulus tidak selalu memiliki mindset mencari pekerjaan, melainkan punya mindset untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

“Kita dari Pemerintah Kabupaten Gresik memiliki visi misi dalam Nawa Karsa yaitu Gresik Jagoan. Lewat Gresik Jagoan ini, kita ingin menciptakan pengusaha-pengusaha muda. Kami memiliki harapan agar anak-anak nantinya setelah lulus jangan mencari kerja, tetapi justru menciptakan pekerjaan. Lewat rumah vokasi ini nantinya akan mengasah kompetensi anak-anak,” ujar wabup yang akrab disapa Bu Min.

Baca juga:  Beri Reward Kafilah MTQ Gresik Ratusan Juta, Wabup: Terimakasih Kafilah dan Pelatih

[penci_related_posts dis_pview=”no” dis_pdate=”no” title=”Berita Terkait” background=”” border=”” thumbright=”no” number=”1″ style=”list” align=”none” withids=”” displayby=”cat” orderby=”date”]

Dengan dipandu oleh Staf Ahli Bupati Gresik, Malahatul Fardah, penjelasan wabup semakin lengkap oleh keterangan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Gresik, Nanang Setiawan yang menguraikan tentang pentingnya pengetahuan pancasila dan hubungannya dalam pemerintahan.

Arya Putra, salah satu siswa yang hadir tampak antusias menyimak penjelasan wabup mengenai rumah vokasi. Mewakili rekan-rekannya, dirinya bertanya kepada wabup bagaimana cara untuk bisa masuk dalam rumah vokasi.

Kepala sekolah SMK Negeri 1 Cerme, Takari Widodo dalam keterangannya mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan kepada dirinya dan para siswa. Menurutnya, ini merupakan suatu kesempatan yang sangat baik bagi para siswa untuk belajar secara langsung mengenai keterbukaan yang ada di Pemkab Gresik.

Baca juga:  Pemkab Gresik Sumbang 96 Unit Motor, Wabup: Sinergi Pemerintah dengan PCNU

Ditambahkan mengenai adanya rumah vokasi di Kabupaten Gresik, menunjukkan bahwa Pemkab Gresik memiliki kepedulian yang tinggi kepada SMK.

“Saya mengucapkan terima kasih, dengan adanya rumah vokasi tersebut kami beberapa kali ada pertemuan dengan pihak induatri. Yang sebelumnya pasif, tetapi Alhamdulillah saat ini sudah berubah,” terang Takari. (Tov)