Upaya Stabilisasi Harga Bahan Pokok, Satgas Pangan Jatim Sidak Cek Sejumlah Bapokting di Gresik

GresikSatu | Tim Satgas Pangan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jatim, terus melakukan pengecekan pasokan dan stabilisasi harga Bahan Pokok Penting (Bapokting) di sejumlah pasar tradisional dan toko ritel modern.

Kali ini, menjelang perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H/2024, Tim Satgas Pangan Polda Jatim, bersama Tim Satgas Pangan Polres Gresik dan Dinas terkait melakukan inspeksi mendadak (sidak) pemantauan di pasar Sidomoro dan toko ritel modern Superindo Gresik Jawa Timur, Selasa (9/4/2024).

Kasubdit Indagsi Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Oki Ahadian Purwono, menjelaskan pihaknya bersama stakeholder terkait terus melakukan pengecekan dan pemantauan sejumlah harga barang kebutuhan pokok jelang Hari Raya Idul Fitri, guna mengantisipasi lonjakan harga yang tidak wajar.

Selain itu, sidak kali ini juga melibatkan seluruh tim gabungan dari Satgas Pangan Polres Polres Jajaran yang ada di wilkum Polda Jatim, secara bersamaan juga ikut memantau ketersediaan Bapokting untuk memastikan stok, dan harga yang relatif aman di pasar-pasar maupun yang ada di retail-retail modern. 

Baca juga:  Satpol PP Gresik Sita Ratusan Minuman Keras di Toko Kelontong Cerme

“Kami melakukan kegiatan pengecekan terhadap Bapokting, dimana hasil pengecekan yang kami dapatkan adalah harga-harga pada umumnya terkait bahan pangan Bapokting itu seperti beras, daging ayam, daging sapi, telur ayam, dan gula relatif sangat stabil,” ungkapnya, Selasa (9/4/2024). 

AKBP Oki melanjutkan, untuk harga beras juga sudah stabil dan bahkan berangsur ada penurunan, meskipun ada bahan pangan yang sedikit mengalami kenaikan tetapi masih dalam batas yang wajar seperti gula.

“Jadi ini kan kami antisipasi jangan sampai terjadi lonjakan harga yang tidak wajar, karena adanya permainan. Namun sampai saat ini, dari hasil pantauan dan sidak kami untuk harga masih sangat terkendali dan relatif stabil,” lanjutnya. 

Baca juga:  Lewati Jalan Berlubang Pemotor Ditabrak Truk di Menganti Gresik, Satu Anak Meninggal Dunia

Pihaknya pun menegaskan, bahwa tim gabungan Satgas Pangan Polda Jatim akan terus menjaga ketersediaan Bahan Pokok Penting yang ada di wilayah Jawa Timur.

“Kami akan melakukan pengecekan terus selama menjelang dan pasca lebaran, jadi dari hari ini sampai seterusnya kita akan lakukan pengecekan secara berkala walaupun nanti Lebaran sudah selesai,” jelasnya. 

“Semoga kegiatan satgas pangan polda jatim beserta dengan jajaran dapat memberi manfaat buat masyarakat, guna menjamin ketersediaan serta dapat membantu menjaga stabilitas harga bapokting menjelang H-1 Hari Raya Lebaran 1445 H,” harapnya memungkasi.

Reporter:
Mifathul Faiz
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler