Senin, Januari 30, 2023

Gara-gara Rokok, Rumah Lansia di Duduksampeyan Gresik Terbakar 

GresikSatu | Sebuah rumah milik Ida Haji hangus terbakar di Desa Pandanan, Kecamatan Duduksampeyan, Gresik. Diduga kebakaran dirumah lansia yang berusia 72 tahun itu, akibat membuang putung rokok yang merembet ke rumahnya. 

Peristiwa kebakaran itu terjadi sekira pukul 03.00 WIB dini hari, Minggu (15/1/2023). Pemilik rumah Ida Haji langsung terkejut saat hendak tidur mencium bau asap, dan seketika itu api sudah membakar rumah.

Korban beserta warga setempat langsung berjibaku memadamkan api. Korban langsung lapor ke Kepada Desa setempat, dan dilanjutkan ke Damkar Gresik. 

Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Gresik Agustin Halomoan Sinaga mengatakan, langsung menerjunkan 8 pertugas Damkar Gresik, beserta satu kendaraan pemadam, satu kendaraan supplay dan bantuan dari Damkar Lamongan. 

Baca juga:  Gudang Kertas di Gresik Terbakar, Kerugian Capai Rp 50 juta 

“Sekira pukul 05.28 WIB selesai pemadaman,” ungkapnya. 

Dijelaskan, proses pemadaman menelan waktu yang lama. Karena hampir isi rumah dilahap si jago merah. Hanya tersisa pondasi tembok rumah saja. 

“Tidak ada korban jiwa, namun kerugian material ditaksir Rp 150 juta. Sebab, semua isi rumah terbakar,” jelasnya.

Kapolsek Duduksampeyan AKP Bambang Angkasa menambahkan, sebelum kejadian pemilik rumah Ida Haji sedang merokok di depan rumahnya. Lalu, masuk rumah hendak istirahat. Korban langsung mendengar percikan api, dari depan rumahnya. 

“Api sudah berkobaran di rumah korban secara cepat merembet ke bagian tengah rumah, dan membakar isi rumah korban,”tambahnya. 

Dikatakan, saat korban membuang putung rokok tidak seutuhnya dalam keadaan mati. Sehingga dari putung tersebut ada percikan api. Kebetulan di depan rumah korban ada banyak kayu yang mudah terbakar. 

Baca juga:  Ular Piton Tiga Meter Ditangkap Saat Akan Mangsa Ayam di Tlogopatut Gresik 

“Ditambah lagi, rumah korban tidak ada aliran listrik dan penerang lainnya. Sehingga menyulitkan korban mengetahui ada percikan api,” tuturnya. 

Dengan demikian, jumlah kebakaran di Bulan Januari ada 4 kejadian, dan 23 kejadian penyelamatan. (faiz/aam)