Peserta BPJS Kesehatan Tetap Bisa Akses Layanan JKN di Luar Gresik Selama Libur Lebaran

GresikSatu | BPJS Kesehatan berkomitmen untuk memudahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan memberikan akses pelayanan kesehatan yang diperlukan selama libur lebaran.

Meski pulang ke kampung halaman, mereka yang membutuhkan layanan BPJS Kesehatan tetap bisa berobat dengan maksimal. Hal ini mengacu pada prinsip portabilitas yang telah diterapkan BPJS Kesehatan.

Dengan prinsip Portabilitas, Peserta yang berada di luar wilayah FKTP tempatnya terdaftar dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain paling banyak 3 (tiga) kali kunjungan dalam waktu 1 bulan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gresik, Janoe Tegoeh Prasetijo mengatakan prinsip portabilitas tersebut diwujudkan dalam memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara bagi peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia.

“BPJS Kesehatan menganut prinsip portabilitas dalam menyelenggarakan program JKN. Dimana seluruh peserta dapat mengakses pelayanan di manapun dan kapan pun, termasuk saat libur Lebaran,” ungkapnya, Rabu (20/3/2024).

Baca juga:  Bus Trans Jatim Koridor IV Akan Layani Rute Bunder Gresik - Paciran Lamongan 

Peserta JKN dapat merasakan berbagai kemudahan dalam mengakses layanan JKN. Seperti cukup menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan.

“Bahkan tidak perlu memberikan fotokopi KTP maupun KK. Selain itu, kami tegaskan bahwa tidak ada biaya tambahan bagi peserta JKN saat mengakses layanan di fasilitas kesehatan. Serta wajib dilayani setara tanpa diskriminasi,” tuturnya.

Namun, Janoe menghimbau agar para peserta harus memastikan status kepesertaan BPJS aktif. Agar tidak menimbulkan kendala saat mudik lebaran.

“Jangan sampai pas libur, ada hal-hal yang memerlukan BPJS, tapi nggak aktif,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Pelayanan RSUD Ibnu Sina, dr Irma Wesprimawati menyampaikan di Gresik sendiri ada sebanyak 20 Rumah Sakit dan 32 Puskesmas yang akan tetap melayani masyarakat Gresik selama cuti dan libur lebaran.

Baca juga:  Edu Wisata Lontar Sewu, Tempat Wisata di Gresik Cocok Buat Libur Lebaran

“Tenaga Kesehatan menjadi garda terdepan yang tidak pernah selesai berkorban demi masyarakat. Fasilitas kesehatan akan tetap dibuka meski sedang libur lebaran,” tuturnya.

Dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada pemudik selama libur lebaran, BPJS Kesehatan telah menyiapkan Posko Mudik mulai dari tanggal 5 hingga 9 April 2024.

Lokasi Posko Mudik Kesehatan tersebar di beberapa titik strategis yang menyediakan berbagai layanan seperti konsultasi kesehatan, fasilitas relaksasi bagi pemudik, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, tindakan sederhana darurat, dan pemberian rujukan bila diperlukan.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler