Selama tahun 2023, Puluhan Rumah Terbakar di Gresik

GresikSatu | Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Gresik mencatat ada ratusan kejadian kebakaran selama tahun 2023. Salah satunya kebakaran rumah penduduk. Damkar Gresik mencatat ada puluhan rumah yang terjadi kebakaran sepanjang tahun 2023.

Kejadian kebakaran rumah di Jalan Sunan Giri, Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik ini, menjadikan jumlah kebakaran rumah di Kabupaten Gresik berjumlah 30 kebakaran rumah selama tahun 2023. Kebakaran terjadi karena lampu rumah meledak dan menyambar plafon. Rumah milik Nafik (65) terbakar di penghujung tahun 2023.

Kepala DPKP Gresik, AH Sinaga mengatakan, kejadian kebakaran diketahui, Jumat (29/12/2023) pukul 21. 00 WIB. Saat itu pemilik rumah sedang mengganti salah satu lampu di kamarnya, lalu tiba-tiba lampu tersebut meledak dan langsung api menyambar plafon rumah.

“Api naik keatas dengan cepat dan Bapak Nafik lalu keluar rumah dan api yang sudah membesar,” katanya, Sabtu (30/12/2023).

Baca juga:  Ditinggal ke Tambak, Rumah di Sidayu Gresik Hangus Terbakar 

Penyebab terjadinya kebakaran, lanjut Sinaga, dikarenakan konsleting listrik. Melihat api yang sudah membesar dan membakar rumah tersebut, kemudian warga langsung DPKP Gresik.

“Sesampainya di lokasi, petugas pemadam langsung melakukan tindakan pemadaman dan pembasahan hingga selesai, dan pada akhirnya api kondusif pada pukul 23. 20 WIB,” ujarnya.

 Adapun perincian kebakaran rumah sepanjang tahun 2023 sebagai berikut :

  1. Januari : 3 kebakaran rumah
  2. Februari : 1 kebakaran rumah
  3. Maret : 1 kebakaran rumah
  4. April : 0 kebakaran rumah
  5. Mei : 2 kebakaran rumah
  6. Juni : 0 kebakaran rumah
  7. Juli : 0 kebakaran rumah
  8. Agustus : 6 kebakaran rumah
  9. September : 4 kebakaran rumah
  10. Oktober : 8 kebakaran rumah
  11. November : 1 kebakaran rumah
  12. Desember : 4 kebakaran rumah

Kebakaran terbanyak terdapat pada bulan Oktober 2023, di mana bulan tersebut merupakan musim kemarau. Adapun penyebabnya cukup variatif, mayoritas karena konsleting listrik, dan kompor atau tungku api yang menjalar.

Baca juga:  DPKP Gresik Terima Bantuan Pompa Air dari Kemendagri 

Sementara untuk jumlah korban luka maupun korban jiwa dalam kebakaran rumah yang terjadi di Kabupaten Gresik berjumlah 0 korban.

“Sementara kalau dilaporan belum ada (korban luka maupun korban jiwa),” tambah Sinaga.

Sedangkan untuk kebakaran lainnya, di sepanjang tahun 2023 meliputi kebakaran Perusahaan berjumlah 33 kejadian. Home Industri 21 kebakaran, instansi 3 kejadian kebakaran, kendaraan 4 kejadian kebakaran, pohon 3 kejadian kebakaran, kabel listrik 8 kejadian kebakaran, dan ilalang / lahan terbuka berjumlah 418 kejadian kebakaran.

“Paling mendominasi kebakaran ilalang, atau lahan terbuka. Karena memang pengaruh dari musim kemarau panjang,” tambahnya memungkasi.

Adapun total jumlah keseluruhan kejadian kebakaran dan penyelamatan di sepanjang tahun 2023, ada 953 kejadian penyelamatan dan kebakaran. Dengan perincian penyelamatan ada 433 kejadian, dan kebakaran ada 520 kejadian.

Reporter:
Mifathul Faiz
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler